Jumat, 01 April 2016

PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (kata pengantar)



KATA PENGANTAR

Pada dasarnya pengembangan Suber Daya Manusia (SDM) merupakan upaya pengejaran terhadap improvisasi kinerja dan peningkatan kapasitas pegawai, guna menghadapi tantangan dan perubahan. Dalam hal ini, diperlukan pembaharuan dan regenerasi potensi dan usaha-usaha yang ada di dalam diri pegawai, untuk dihadapkan pada dimensi yang berbeda. Selain itu, aktivitas pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga digerakkan untuk tujuan pembelajaran dan peningkatan kompetensi pegawai. Namun demikian, usaha pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pegawai saja, melainkan juga ditujukan untuk meraih peningkatan kualitas hidup secara umum.
Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengembangkan sumber daya manusia di sekolah agar kinerjanya semakin meningkat. Keadaan tersebut disadari karena sumber daya manusia di sekolah selalu ingin perubahan ke arah yang lebih baik, termasuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru, meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja serta menghilangkan kejenuhan dalam melaksanakan tugas. Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, namun demikian dalam pelaksanananya kepala sekolah melibatkan berbagai komponen penunjangnya. Permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan perlunya pengembangan sumber daya manusia yang dihadapi oleh sekolah menyangkut dengan tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan yang harus semakin ditingkatkan, kualitas mengajar guru yang masih kurang menunjukkan sikap yang profesional dan prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik masih kurang menunjukkan hasil yang memuaskan. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia di sekolah dasar meliputi: pemberian pelatihan, pengelolaan kinerja, perencanaan karier dan pemberian kesejahteraan.
Dalam rangka pemenuhan program kepala sekolah penulis telah berupaya menyusun Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) SMP Negeri 2 Cidahu Tahun Pelajaran 2015/2016. Program ini disusun dengan tujuan agar kepala sekolah dapat bekerja secara mandiri terarah tanpa tergantung atau menunggu mendapat tugas dari dinas / atasan langsung.
Dengan tersusunnya Program ini diharapkan kepala sekolah dapat bekerja secara mandiri di manapun dan kapanpun untuk mencapai tujuan yang diinginkan

Kami mengucapkan terimakasih kepada komite sekolah, guru-guru dan staf tata usaha atas dedikasi dan kerja kerasnya yang telah membantu sehingga Program Pengembangan Sumbar Daya Manusia (SDM) SMP Negeri 2 Cidahu dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Program ini tentu saja belum sempurna. Oleh sebab itu, saran-saran konstruktif dari pembaca sangat dinantikan dengan senang hati.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi upaya-upaya kita dalam meningkatkan mutu pendidikan. Aamiin



Cidahu,  Juli 2015
Penyusun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar