Selasa, 22 Maret 2016

PROGRAM BERKAITAN DENGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH YANG KONDUSIF DAN INOVATIF BAGI PEMBELAJARAN (bab4)



BAB IV
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Berdasarkan deskripsi temuan lapangan pada bab sebelumnya berikut ini beberapa kesimpulan dari hasil tersebut :
1   Program pengembangan budaya dalam kegiatan intrakulikuler
Dalam mengembangkan budaya dalam proses pembelajaran didalam kelas guru-guru di SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan mengembangkannya dengan memberi salam ketika membuka dan menutup pelajaran serta memulai dan mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a, memberikan contoh yang baik kepada siswa dengan bersikap sopan, ramah, dan peduli kepada para siswa serta memotivasi mereka agar menumbuhkan sikap tersebut kepada sesama. Sedangkan pengembangan budaya diluar kelas yang dilakukan SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan dengan melakukan kegiatan Zikir bersama dan membacakan surat yasin pada setiap hari jum’at. Serta pada apel pagi bersama-sama membacakan ikrar janji siswa agar apa yang mereka ucapkan dapat mereka ingat sehingga mencegah para siswa melanggar aturan sekolah. Oleh karena Pembelajaran tidak selamanya berada didalam kelas. Maka pembelajaran diluar harus memiliki  konsep kegiatan yang jelas, sehingga bisa menjadi acuan utama untuk mendidik para siswa.
2.   Pengembangan budaya dalam kegiatan ekstrakurikuler
Dalam pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan kesenian, SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan menanamkan rasa kecintaan siswa terhadap budaya dan kesenian daereah, melaui kegiatan pada setiap akhir semester para siswa diwajibkan menampikan suatu atraksi baik tari-tarian maupun kasidah serta memakai pakaian adat daerah yang ingin mereka tampikan
Sedangkan pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan olahraga di SMP Negeri 2 Cidahu kabupaten Kuningan dilaksanakan dengan menarik minat siswa untuk berolahraga, menampakkan nilai kejujuran melalui olahraga, menanamkan sikap kerjasama anta tim melalui olahraga, dan menanamkan motivasi berprestasi kepada diri siswa melalui kegiatan olahraga
Serta dalam mengembangkan budaya sekolah melalui kegiatan kepramukaan, SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan menanamkan nilai-nilai kedisiplin, tanggungjawab, kemadirian, kebersamaa, kepemimpinan, serta rasa cinta terhadap alam.
3.   Simbol-simbol budaya sekolah dalam memperkuat  nilai-nilai
Dampak pengembangan budaya sekolah terhadap iklim sekolah di SMP Negeri 2 Cidahu kabupaten Kuningan ditandai dengan peningkatan kualitas lingkungan internal sekolah yang dialami oleh siswa maupun kepala sekolah dan para guru yang mempengaruhi mental dan perilakunya
4.   Dampak Budaya Sekolah Terhadap Iklim Sekolah
Dampak pengembangan budaya sekolah terhadap iklim sekolah di SMP Negeri 2 Cidahu kabupaten Kuningan ditandai dengan peningkatan kualitas lingkungan internal sekolah yang dialami oleh siswa maupun kepala sekolah dan para guru yang mempengaruhi mental dan perilakunya.
5. Budaya sekolah adalah nilai-nilai dominan yang didukung oleh sekolah atau falsafah yang menuntun kebijakan sekolah terhadap semua unsur dan komponen sekolah termasuk stakeholders pendidikan, seperti cara melaksanakan pekerjaan di sekolah serta asumsi atau kepercayaan dasar yang dianut oleh personil sekolah.
6.  Manfaat budaya sekolah adalah :
a.         Menjamin kualitas kerja yang lebih baik.
b.        Membuka seluruh jaringan komunikasi dari segala jenis dan level baik  komunikasi vertikal maupun horisontal.
c.         Lebih terbuka dan transparan.
d.        Menciptakan kebersamaan dan rasa saling memiliki yang tinggi.
e.         Meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan.
f.         Jika menemukan kesalahan akan segera dapat diperbaiki.
g.        Dapat beradaptasi dengan baik terhadap perkembangan IPTEK.
7. Budaya sekolah yang efektif dapat terjadi melalui keterlibatan orang tua dalam menunjang kegiatan sekolah, keteladan guru (mendidik dengan benar, memahami bakat, minat dan kebutuhan belajar anak, menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan serta memfasilitasi kebutuhan belajar anak), dan prestasi siswa yang membanggakan.
            8. Contoh budaya sekolah yang efektif antara lain :
o  Budaya salam
o  Upacara bendera
o Sholat Berjamaah
LDKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar