Senin, 21 Maret 2016

PROGRAM SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI PEMBELAJAR (kata pengantar)



KATA PENGANTAR


Sekolah sebagai organisasi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, sebagaimana definisi pendidikan yang termuat dalam Undang-Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003, bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dan mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.  Dari definisi pendidikan tersebut, dapat diambil benang merah, bahwa esensinya pendidikan mengarah pada “penciptaan suasana belajar yang efektif” dan proses “pembelajaran yang interaktif”. Dalam hal ini, proses pembelajaran yang dilakukan merupakan aspek utama organisasi sekolah, karena dalam proes pembelajaran terjadi proes perubahan kemampuan peserta didik sebagai evaluasi dari sistem pendidikan yang dilakukan di sekolah.
Sekolah sebagai organisasi dengan sistem terbuka, senantiasa mampu beradaptasi dan peka terhadap perubahan atau perkembangan yang terjadi. Setiap aktivitas yang ada di sekolah, harus mengarah pada proses pembelajaran, karena hakikatnya sekolah merupakan organisasi pembelajar (learning organization).
Program Sekolah sebagai Organisasi Pembelajar ini dibuat untuk dijadikan acuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 2 Cidahu dalam meningkatkan kinerja baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Program ini juga bertujuan sebagai pendorong dalam menciptakan kreatifitas dalam pekerjaan sesuai tupoksinya..
Penulis menyadari, Program Sekolah sebagai organisasi Pebelajar ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu kami mohon saran dan masukan dari berbagai pihak guna memajukan kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 2 Cidahu Tahun Pelajaran 2015-2016.
Semoga apa yang kita laksanakan akan mendapat Ridlo dari Allah S.W.T. Amiin.
Cidahu,    Juli 2015


         Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar