Kamis, 31 Maret 2016

PROGRAM SUPERVISI KATA PENGANTAR



KATA PENGANTAR


Supervisi pendidikan adalah salah satu elemen krusial dalam pendidikan yang mendorong perbaikan demi perbaikan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama. Cita-cita yang diimpikan oleh seluruh elemen, baik negara, lembaga pendidikan, siswa, wali murid, maupun masyarakat secara umum. Perbaikan ini dilakukan secara individual maupun berkelompok.

Objek utama supervisi adalah para guru yang mempunyai peran vital dalam membentuk karakter anak. Selain guru, objek supervisi pendidikan tentu semua elemen yang terlibat didalamnya, seperti sektor manajemen, tata usaha, pembiayaan, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana, kurikulum, serta kesiswaan.

Supervisi pendidikan bertujuan menumbuhkan kesadaran dari dalam. Sehingga, timbul keinginan untuk melakukan perbaikan demi perbaikan supaya pendidikan mengalami peningkatan kualitas, terhindar dari kemorosotan, keterbelakangan, dan kemunduran. Supervisi juga bertujuan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam melangkah sesuai target yang ditentukan.

Fungsi yang sangat strategis dari supervisi ini mendorong supervisor yaitu kepala sekolah untuk mengembangkan keahlian dan kompetensi secara luas. Sehingga mampu melakukan supervisi secara efektif, produktif, dan kreatif. Karena tidak mudah memberikan dorongan kepada guru, terutama guru senior, kenyang pengalaman, dan memiliki jam terbang  yang tinggi, maka dibutuhkan pendekatan psikologis-persuasif dan gradual. Di satu sisi, ini tidak terkesan menggurui dan mengarahkan, tapi di sisi lain memberikan pengaruh secara bertahap. Kedekatan emosional terkadang lebih efektif dalam melakukan perubahan daripada formal-prosedural. Memang dibutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan kegigihan karena hal tersebut tidak bisa cepat, berjalan secara perlahan, dan mengalir seperti air.

Program supervisi SMP Negeri 2 Cidahu tahun pelajaran 2015-2016 ini dibuat sebagai acuan langkah kerja pelaksanaan kegiatan dan merupakan hasil revisi dari program yang sama di tahun sebelumnya.
Kami mengucapkan terimakasih kepada komite sekolah, guru-guru dan staf tata usaha atas dedikasi dan kerja kerasnya yang telah membantu sehingga Program Supervisi SMP Negeri 2 Cidahu dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Program ini tentu saja belum sempurna. Oleh sebab itu, saran-saran konstruktif dari pembaca sangat dinantikan dengan senang hati.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi upaya-upaya kita dalam meningkatkan mutu pendidikan. Aamiin



Cidahu,  Juli 2015
Penyusun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar