Senin, 21 Maret 2016

PROGRAM SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI PEMBELAJAR (bab3)



BAB III
PROGRAM SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI PEMBELAJAR
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Perencanaan Program SMP Negeri 2 Cidahu tahun pelajaran 2015-2016.

Berikut ini adalah pembagian wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi sekolah:
Kepala sekolah
Wewenang dan Tanggung Jawab, antara lain :
·                     Menjaga terlaksananya dan ketercapaian program kerja sekolah
·                     Menjabarkan, melaksanakan dan mengembangkan Pembelajaran Kurikulum/Program
·                     Mengembangkan SDM
·                     Melakukan pengawasan dan supervisi tenaga pendidik dan kependidikan
·                     Melakukan hubungan kerjasama dengan pihak luar
·                     Merencanakan, mengelola dan mempertanggung jawabkan keuangan
·                     Mengangkat dan menetapkan personal struktur organisasi
·                     Menetapkan Program Kerja Sekolah
·                     Mengesahkan perubahan kebijakan mutu organisasi
·                     Melegalisasi dokumen organisasi
·                     Memutuskan mutasi siswa
·                     Mengusulkan promosi dan mutasi pendidik dan tenaga kependidikan
·                     Menerbitkan dokumen yang dikeluarkan sekolah
·                     Memberi pembinaan warga sekolah
·                     Memberi penghargaan dan sanksi
·                     Memberi penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

Komite sekolah
Wewenang dan Tangung jawab, antara lain:
·           Memberikan masukan terhadap kebijakan mutu pendidikan
·           Mengawasi kebijakan sekolah.

Kepala Tata usaha
Wewenang dan tanggung jawab tata usaha, antara lain :
·           Menyusun dan melaksanakan program tata usaha sekolah.
·           Menyusun dan melaksanakan kegiatan keuangan sekolah.
·           Mengurus administrasi kepegawaian.
·           Mengurus administrasi kesiswaan.
·           Menyusun administrasi perlengkapan sekolah.
·           Menyusun dan menyajikan data statistik sekolah.
·           Menyusun administrasi lainnya.
·           Melaporkan semua tugas dan tanggung jawabnya kepada kepala sekolah secara berkala.

Untuk tugas-tugas Penanggung jawab (PENJAB) yang lain sebagai berikut:

I.    STANDAR KELULUSAN ( SKL )
1. Menyusun rencana dan kegiatan standart kelulusan selama satu tahun
2. Mengembangkan standar kelulusan atau GSA pada setiap tahunnya.
3. Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap tahun atau
Semester.
4.Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba bidang akademik (Kesiswaan).
5. Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba bidang non akademik (kesiswaan).
6. Peningkatan kedisiplinan siswa.
7. MengembangKan Model Penerimaan siswa baru  untuk menjaring siswa pada setiap  
tahunnya.
8. Menerapkan model PPD yang obyektif, transparan, dan akuntabel.
9. Mengembangkan model PPD yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan.
10. Menyusun laporan hasil kegiatan selama satu tahun

II. STANDAR ISI
1. Menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (dengan berbagai jenis muatan kurikulum sesuai dengan ketentuan SNP) berdasarkan SI dan SKL
2. Menyusun kalender pendidikan
3. Mengembangkan pemetaan Materi KBK untuk semua mata pelajaran
4. Mengembangkan silabus untuk semua mata pelajaran
5. Mengembangkan sistem penilaian untuk semua mata pelajaran
6. Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk semua mata pelajaran
7. Menyusun beban belajar atau pembagian tugas mengajar
8. Menyusun beban tugas tambahan yang terkait

III. STANDAR PROSES
1.Menyusun jadwal pelajaran dan jadwal kendali proses pembelajaran.
2. Mengembangkan  inovasi-inovasi dan metode pembelajaran pada semua mata pelajaran, khususnya penerapan metode atau strategi pembelajaran kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning)
3. Mengembangkan dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran.
4. Mengembangkan dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran.
5. Mengembangkan dan inovasi-inovasimodel-modelpengelolaanataumanajemen
Kelas.
6. Memantau pelaksanaan selama proses pembelajaran.
7. Mengembangkan model kegiatan pembelajaran dengan melibatkan peserta didi
secara aktif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas, dan dialogis.

IV. STANDAR PENGELOLAAN
1. Menyusun dan mengembangkan  Rencana Kegiatan  Sekolah (RKS) untuk jangka menengah  dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS) untuk jangka pendek.
2. Mengembangkan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagiantugas-tugas secara jelas.
3. Menyusun  struktur dan keorganisasian sekolah dengan rincian tugas  sesuai dengan kebutuhan sekolah.
4. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
5. Mendukungpengembanganperangkatpenilaian.
6. Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah.
7. Implementasi MBS mengenai kemandirian/otonomi sekolah, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/kerjasama, fleksibilitas, dan kontinyuitas baik mengenai program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah.
8. Melaksanakan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah.
9. Pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah.
10. Penggalangan partisipasi masyarakat (pemberdayaan komite sekolah).
11. Membuat jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah (SIM)
12. Membuat atau menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efisien baik secara vertikal dan  horisontal.
13. Pengembangan Model peran serta masyarakat dan kemitraan untuk meningkatkan mutu sekolah.
14. Mengembangkan Income Generating Activities atau unit-unit produksi/usaha di sekolah maupun kerjasama dengan pihak lain untuk menggalang partisipasi masyarakat.
15. Melaksanakan dan membuat pelaporan-pelaporan kepada berbagai pihak yang relevan, baik menyangkut bidang akademik, non akademik atau manajemen sekolah lainnya.
16. Melaksanakan supervisi akademik dan supervisi klinis.
17. Melaksanakan tindak lajut hasil supervisi.

V.    STANDAR SARANA PRASARANA
1. Menyusun rencana kerja dan kegiatan pengembangan sarana prasarana selama satu tahun pembelajaran.
2. Meningkatkan dan mengembangkan serta inovasi-inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
3. Mengembangkanprasaranapendidikan dan atau pembelajaran.
4. Menciptakanataumengembangkanlingkunganbelajar yang kondusif.
5. Meningkatkan dan mengembangkan peralatan laboratorium komputer, IPA, Bahasa, dan  laboratorium lainnya.
6. Mengembangkan jaringan internet, baik bagi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan.
7. Mengembangkan model pengelolaan perpustakaan (BUKU PETUNJUK) yang mencakup rencana dan regulasi lainnya.
8. Mengembangkan peralatan dan inovasi-inovasi pusat-pusat sumber belajar.
9. Menyusun laporan kegiatan pengadaan sarana prasarana

VI.  STANDAR PENILAIAN
1.   Menyusun rencana kegiatan penilaian selama satu tahun pembelajaran
2.   Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran, dan petunjuk pelaksaannya
3.  Implementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dll
4.  Mengembangkan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi yang berkelanjutan
5.  Mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan
6.  Mengembangkan lomba-lomba, uji coba, dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi
7.  Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik
8.  Melaksanakan kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik
9.  Melaksanakan analisis butir soal secara periodik untuk menyusun bank soal
10  Mendokumenkan perangkat penilaian disertai dengan bukti kesahihan dan keandalan serta dievaluasi secara pereodik
11.  Menyusun laporan hasil pelaksanaan pengembangan penilaian dan evaluasinya

VII.  STANDAR TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
1. Menyusun rencana kegiatan pengembangan tenaga pendidikan dan kependidikan selama satu tahun.
2. Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi pendidik aspek profesionalitas, pedagogik, sosial, dan kepribadian.  
3. Mengembangkan model pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan di tingkat sekolah melalui berbagai regulasi sekolah.
4. Melaksanakan  sistem ”Reward dan punishment” dan pengembangan profesi secara profesional, adil , dan terbuka.
5. Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi tenaga TU dan lainnya.
6. Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi kepala sekolah.
7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja pendidik dan tenaga TU atau lainnya.
8. Peningkatan kuantitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
9. Mendorong tenaga kependidikan untuk melanjutkan ke S1 bagi yang belum S1.
10. Meningkatkan kemampuan penguasaan ICT bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
11. Menyusun laporan hasil pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan serta hasil evaluasi dan tindak lanjutnya

VIII.   STANDAR PEMBIAYAAN
1.Menyusun Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah ( RAPBS ) satu tahun .
2. Mengembangkan model pengelolaan biaya investasi dan operasional sekolah bersama komite sekolah.
3. Mengembangkan jalinan kerja dengan penyandang dana, baik donatur tetap maupun tidak tetap.
4. Penggalangan dana dari berbagai sumber termasuk dari sponsor.
5. Penciptaan usaha-usaha di sekolah atau di luar sekolah sebagai Income Generating Activities.
6. Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomik. 7. Menjalin kerjasama dengan alumni, khususnya untuk penggalangan dana pendidikan.
8. Membiayai semua kegiatan sekolah yang sesuai dengan alokasi dana yang ada.
9. Menyusun laporan penggunaan keuangan sesuai dengan sumber dana masing-masing, serta evaluasi dan tindak lanjutnya.

IX.   STANDAR HUBUNGAN MASYARAKAT
1. Menyusun perencanaan kegiatan kehumasan selama satu tahun.
2. Menyusun rencana koordinasi dengan orang tua peserta didik.
3. Mengembangkan hubungan dengan dinas-dinas lain yang terkait.
4. Mengembangkan hubungan  dengan masyarakat sekitar demi terjalinnya komunikasi positif dengan sekolah
5. Menyelenggaran kegiatan wisata guru dan karyawan
6.  Menyelenggarakan rapat komite
7.  Mengkoordinir kegiatan sosial kemasyarakatan
8.  Menyusun laporan kegiatan satu tahun pembelajaran

X.     STANDAR KETERTIBAN DAN LINGKUNGAN
1.   Menyusun perencanaan kegiatan pemeliharaan lingkungan dan ketertiban sekolah
2.   Menyusun Tata tertib siswa dan guru
3.   Menyusun kode etik sekolah
4.   Menjaga keindahan lingkungan sekolah
5.   Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
6.   Pembuatan tempat sampah
7.   Melaksanakan penghijauan halaman sekolah
8.   Melaksanakan kebersihan secara  rutin
9.   Mengatur jadwal piket kebersihan kelas

XI.  WALI KELAS
Membantu Kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a.    Pengelolaan Kelas
b.    Penyelenggaraan administrasi kelas
c.    Menyusun /membuat statistik bulanan siswa.
d.   Pengisian daftar nilai siswa
e.    Membuat catatan khusus tentang siswa.
f.     Mencatat mutasi siswa.
g.    Pengisian buku laporan pendidikan dan legger.
h.    Pembagian rapor.
i. Mengantrol kebersihan kelas yang menjadi tanggungjawabnya

XII.  BIMBINGAN dan KONSELING
Membantu Kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
a.    Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan konseling.
b.    Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi  siswa tentang kesulitan belajar.
c.    Melaksanakan koordinasi dengan urusan praktek / kepala intalansi , wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa.
d. Memberi layanan, bimbingan dan konseling kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
e. Penyusunan dan pemberi saran, pertimbangan pemilihan jurusan / program pendidkan bagi siswa.

XIII.   GURU MATA PELAJARAN
a.       Menyusun Program Pembelajaran
1.        Program Tahunan
2.        Rincian Minggu Efektif
3.        Program Semester (Promes)
4.        Pengembangan Silabus
5.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
b.      Menyajikan program pembelajaran atau praktik.
c.       Menyusun alat evaluasi
1.    Pemetaan SK dan KD bahan evaluasi
2.    Menyusun kisi-kisi
3.    Merakit soal
4.    Menguji cobakan soal
5.    Analisis Butir soal
6.    Menentukan soal yang baik untuk evaluasi
d.      Melaksanakan evaluasi belajar
e.      Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
f.        Menyusun dan pelaksanaanprogramperbaikan dan pengayaan.
g.       Membimbingsiswadalamkegiatanektrakurikuler.   

XIV.    KOMITE SEKOLAH
a.       Pemberi pertimbangan( Advisory Agency ) dalampenentuan dan kebijakanpendidikan
b.      Pendukung (Supporting Agency) baik yang berwujudfinansial ,pemikiranmaupuntenagapengontrol ( controling Agency ) dalamrangkatransparansi dan akuntabilitaspenyelenggaraan dan keluaranpendidikan
c.      Mediator antara pemerintah( eksekutif ) dan DewanPerwakilanRakyatDaerah ( DPRD ) ( Legeslatif) denganMasyarakat 
d.     Mendorong tumbuhnya perhatian dari komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
e.      Melakukan kerjasama dengan masyarakat ( perorangan ), Organisasi pemerintah dan DPRD berkenan dengan penyelenggaraan yang bermutu.
f.        Menampung dan menganalisa aspirasi , ide , tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
g.    Memberikan masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada pemerintah/ DPRD mengenai :
v    Kebijakan dan Program Pendidikan
v    Kriteria kinerja daerah dalam bidang pendidikan
v    Kriteria tenaga pendidikan, khususnya guru/ tutor dan Kepala satuan Pendidikan
v    Kriteria fasilitas pendidikan
v    Hal – hal lain yang terkait dengan pendidikan
h.      Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan
i.         Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program penyelenggaraan , dan keluaran pendidikan

XV.   KTU ( KEPALA TATA USAHA)
1.       Membantu kelancaran tugas kepala sekolah di bidang administrasi;
2.       Menyusun  rincian program kerja tahunan  ketatausahaan;
3.       Bertanggungjawab atas tugas ketatausahaan dan bertanggungjawab langsung kepada kepala sekolah;
4.       Membantu menyusun RAPBS dan program keuangan sekolah lainnya;
5.       Membagi tugas pekerjaan kepada Staf Tenaga Administrasi meliputi:  Ketatausahaan, Kesiswaan, Kepegawaian, Sarana Prasarana, Keuangan dan kebersihan / ketertiban lingkungan sekolah;
6.       Mengarahkan dan memantau tugas pekerjaan yang dibebankan kepada Staf Tenaga Administrasi dan Petugas Layanan Khusus di sekolah;
7.       Mengadakan kontak informasi dengan instansi terkait;
8.       Menyusun dan membuat laporan administrai satuan pendidikan
9.       Membuat usulan rencana Kesejahteraan Pegawai
10.   Selaku konseptor surat-surat kedinasan.
 
XVI.    BENDAHARA BOS ( PEMEGANG KAS DANA BOS )
1.        Selaku Pemegang Kas  Keuangan dana BOS
2.        Menyusun dan membuat program penggunaan, pengeluaran dana BOS 
3.        Melayani kebutuhan sehari-hari perkantoran
4.        Melakukan pengeluaran keuangan sekolah setelah mendapat persetujuan kepala sekolah
5.        Bersama-sama dengan pejabat yang lain menyusun RAPBS dan RKS
6.        Membuat pelaporan/ pertanggungjawaban keuangan dana BOS kepada yang berwenang
7.        Melakukan konsultasi dengan kepala sekolah perihal kebijakan keuangan
8.        Membuat administrasi pembukuan dana BOS
9.        Tugas-tugas lain yang sesuai dengan kewenangannya.

XVII.    BENDAHARA PEMBANTU KOMITE .
1. Bersama-sama dengan petugas lain menyusun RAPBS.
2. Menerima sumbangan/ donatur pendidikan dari orangtua siswa.
3. Membukukan penerimaan dan pengeluaran dana dari orangtua.
4. Membuat program kegiatan bersama dengan pengurus komite.
5. Menyusun/ membuat rencana kebutuhan dari dana komite.
6. Membuat Laporan Pertanggungjawaban dana komite dan menyampaikan kepada  yang berwenang.
7. Melakukan kontak personal dengan pengurus komite jika diperlukan.
8. Tugas lain yang berkaitan dengan kepengurusan komite.

XVIII.   ( STAF PELAKSANA BENDAHARAWAN GAJI ).
1.         Membuat SPP Gaji bulanan para pegawai.
2.         Mengonsep dan mengerjakan SPP susulan gaji dan kekurangan gaji
3.         Mengirimkan laporan SPJ Gaji dan belanja pegawai lainnya
4.         Membuat/ Mengerjakan strook gaji pegawai
5.         Membuat perincian gaji dan melayani persyaratan pinjaman ke bank
6.        Sebagai petugas penerima gaji para  pegawai dan membagikan kepada yang berhak
7.         Mencatat, membukukan dan melaporkan SPJ gaji kepada pejabat yang berwenang
8.         Mengerjakan buku potongan gaji pegawai,  dan menyetorkan kepada yang berhak
9.         Mengadakan kontak dengan dinas/lembaga  terkait seputar penggajian pegawai
10.     Tugas-tugas lain yang sesuai dengan kewenangannya.

XIX.  STAF PELAKSANA URUSAN INVENTARISASI
1.     Mengisi Buku Induk Inventaris Barang
2.     Membuat Daftar Inventaris Ruang ( DIR ) sesuai kebutuhan
3.     Membuat Daftar Klasifikasi/ penggolongan Barang Inventaris
4.     Melakukan penomoran, pengkodean barang-barang inventaris
5.     Merencanakan, menyusun dan mengajukan kebutuhan barang-barang keperluan sekolah
6.     Mengerjakan Buku Penerimaan Barang, Buku Pengadaan Barang dan Pengeluaran Barang
7.     Menyiapkan perlengkapan untuk upacara bendera dan acara-acara lainnya
8.     Membuat pelaporan Barang Inventaris secara berkala dan melaporkan kepada Instansi/
        Dinas terkait.
9.     Peran serta dalam kelancaran tanda pergantian jam pelajaran
10.    Tugas-tugas lain yang sesuai dengan kewenangannya

XX.     STAF PELAKSANA URUSAN KESISWAAN.
1.  Mengisi Buku Induk Peserta Didik meliputi : Data Pribadi, memasukkan nilai Rapor dsb.
2.  Mengerjakan Buku Mutasi Sisiwa
3.  Mengerjakan Buku Klaper siswa
4.  Menyimpan/mengarsip dokumen siswa : copy ijasah, SKHU dan sertifikat lainnya
5.  Melayani legalisasi ijasah dan Surat Keterangan lain yang diperlukan
6.  Membuat surat - surat yang berkaitan dengan kesiswaan
7.  Membuat Daftar nama siswa setiap kelas, dan format-format lainnya
8. Tugas-tugas lain yang sesuai dengan kewenangannya

XXI.    STAF PETUGAS PERPUSTAKAAN
1.    Mempertanggung jawabkan ruang dan seisi ruangan Perpustakaan, termasuk kebersihan,     kerapihan, keindahan, keamanan dan kenyamanan.
2.    Membukukan kekayaan seluruh buku perpustakaan yang dimiliki perpustakaan.
3.    Mengklasifikasi antara buku pelajaran dan buku bacaan perpustakaan.
4.    Memberi Nomor dan Kode buku pemilikan inventaris perpustakaan.
5.    Membuat grafik kunjungan siswa.
6.    Membuat aturan tata tertib siswa yang berkunjung di Perpustakaan.
7.    Membuat kartu tanda pengenal siswa sebagai anggota aktif Perpustakaan.
8.   Membuat laporan setiap triwulan tentang perkembangan Perpustakaan kepada atasannya.
9.    Mengajukan rencana anggaran untuk pengembangan penambahan buku bacaan perpustakaan dan pemeliharaan.
10.Tugas tambahan lain sesuai dengan kewenangannya.

XXII. PETUGAS AGENDA PERSURATAN
1.         Mengerjakan pencatatatan surat-surat masuk dan surat.surat keluar
2.         Menerima surat, mendisposisikan dan menyerahkan kepada Kepala Sekolah.
3.        Menindaklanjuti disposisi dari Kepala Sekolah dan menyerahkan kepada yang berhak
4.         Melakukan pengetikan  surat-surat dinas yang diperlukan
5.         Mengarsipkan dan membukukan semua surat dinas baik yang masuk / keluar
6.         Tugas tambahan lain sesuai dengan kewenangan dan pekerjaannya.


XXIII.  Operator Komputer
1.    Membantu pengetikan kegiatan ketatausahaan
2.    Membantu pengetikan kegiatan pengadministrasian sekolah
3.    Membantu pengetikan bendaharawan
4.    Membuat semua arsip surat dengan soft copi

XXIV. Tenaga pesuruh
1.        Menyapu/membersihkan Ruang Tata Usaha dan Ruang Guru bagian bawah dan selasarnya.
2.        Melayani kebutuhan siswa sebelum jam pelajaran dimulai melalui koperasi siswa.
3.        Menaikkan dan menurunkan bendera depan kantor
4.        Membunyikan tanda waktu ( bel )  pergantian jam pelajaran
5.        Melayani Daftar Hadir upacara para Guru/ Karyawan.
6.        Memelihara tanaman hias di halaman sekolah
7.        Tugas tambahan lain sesuai dengan kewenangan dan pekerjaannya.
8.        Menyapu/ membersihkan ruang BK dan selasar depannya
9.       Membersihkan/menyapu halaman paving depan
10.   Membersihkan rumput samping, belakang kelas dan lingkungan menara
11.   Membersihkan rumput di samping/belakang kls, membersihkan WC siswa, guru TU kepala sekolah.
12.   Membuat dan menyajikan minuman harian bagi guru/pegawai, dan mencuci/membersihkan segala peralatannya.
13.   Membersihkan tong-tong sampah di sebelah paving depan, di depan kelas, di depan kelas.
14.   Mengatur kelancaran air ke Musholla dan ke kamar mandi.
15.   Memelihara taman di sdepan kantor.

XXV.  PETUGAS JAGA MALAM
1.        Sebagai petugas jaga malam
2.        Menyapu dan membersihkan Ruang Kepala Sekolah dan Ruang Guru, TU dan BK.
3.        Menutup pintu gerbang depan pada malam hari
4.        Menghidupkan lampu di sore hari
5.        Mengontrol seluruh pintu dan jendela dalam keadaan terkunci
6.        Mematikan Lampu di pagi hari.
7.        Membuka semua pintu ruang kelas, kantor
8.        Menaikan bendera didepan ruang kantor
XXVI.   Satpam
1.      Sebagai petugas SATPAM Sekolah, menyeberangkan siswa datang/ pulang sekolah
2.       Menutup pintu gerbang depan dan gerbang barat setelah pukul 07.00 WIB.
3.       Mengantar dan melaporkan tamu ke Kantor Tata Usaha
4.       Tugas lain sesuai dengan pekerjaan dan kewenangannya.

Sedangkan berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Sedikit perubahan  pada Daftar Standar Nasional Pendidikan yang telah menjadi Permendiknas urutanya adalah sebagai berikut: 
  1. Standar Isi
  2. Standar Kompetensi Lulusan
  3. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Standar Pengelolaan
  5. Standar Penilaian
  6. Standar Sarana Prasaran
  7. Standar Proses
  8. Standar Biaya
  9. Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Guru
Wewenang dan tanggung jawab, antara lain:
● Mengetahui tugas pokoknya sendiri yaitu memberikan pelajaran sesuai dengan bidang studi
·  Mengevaluasi hasil pekerjaannya.
·  Mewakili kepala sekolah dan orang tua siswa di kelas.
·  Mengetahui tugas-tugas yang diberikan kepada siswa dan memeriksa hasil tugas itu untuk dinilai.
·  Memperhatikan kelakuan dan kerajinan siswa sebagai bahan laporan kepada kepala sekolah, wali kelas, dan guru BP.
·  Memecahkan masalah-masalah pelajaran yang dihadapi siswa untuk memberikan bimbingan pelajaran kepada siswa yang cerdas, siswa yang kurang cerdas, dan siswa yang membandel.
·  Memperhatikan hasil ulangan EBTA, EBTANAS, dan mengisi daftar nilai siswa.
·  Melaporkan kepada kepala sekolah tentang hasil kerjanya.

Siswa
Wewenang dan tanggung jawab, antara lain:
▪ Menuntut ilmu sebaik-baiknya
·  Mempertanggung jawabkan hasil pembelajarannya
·  Mematuhi peraturan yang sudah di tetapkan oleh pihak sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar