BAB
I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari
pembangunan nasional. Program pembangunan kesehatan yang dilaksanakan telah
berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara cukup bermakna,
walaupun masih dijumpai berbagai masalah dan hambatan yang akan mempengaruhi pelaksanaan pembangunan
kesehatan. Oleh karena itu diperlukan adanya reformasi di bidang kesehatan untuk
mengatasi ketimpangan hasil pembangunan kesehatan antar daerah dan antar
golongan, derajat kesehatan yang masih tertinggal dibandingkan dengan
negara-negara tetangga dan kurangnya kemandirian dalam pembangunan kesehatan.
Sekolah sebagai salah satu lembaga
yang menyelenggarakan pendidikan formal mempunyai peranan yang amat penting
dalam usaha mendewasakan anak dan menjadikannya sebagai anggota masyarakat yang
berguna. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan mutu pendidikan ,
kwalitas siswa dan mutu lulusan . Dalam hal ini input, proses dan output perlu
kita perhatikan terutama kegiatan proses karena kegiatan itu yang menentukan
mutu dari outputnya. Adapun yang berperan aktif dari kegiatan proses adalah
pendidik, staf sekolah dan siswa. Tujuan tersebut dapat tercapai jika kondisi
jasmani pendidik, staf dan siswa dalam keadaan sehat agar dapat
menyelenggarakan kegiatan dan menjalankan fungsi masing-masing dengan baik.
Untuk itu perlu kita kembangkan kegiatan UKS/PKHS (Usaha
Kesehatan Sekolah / Program Keterampilan Hidup Sehat) dalam rangka membantu mengatasi
masalah kesehatan yang sedang dialami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar