BAB
III
PROGRAM
7K SMP
NEGERI 2 CIDAHU
TAHUN
PELAJARAN 2015-2016
A. 7
K DALAM PELAKSANAAN SEHARI-HARI.
Apa itu 7 K ?
7 K meliputi :
1. KEAMANAN
2. KEBERSIHAN
3. KEIMANAN
4. KEKELUARGAAN
5. KERINDANGAN
6. KERAPIHAN
7. KEINDAHAN.
Bagimana Penerapannya ?
1. Keamanan.
Aman , adalah bebas dari gangguan seseorang/ sekelompok
orang/lingkungan.
Aman, adalah hak mendasar yang harus dimiliki manusia.
Aman, meliputi : aman dalam lingkungan belajar, bekerja, maupun mengeluarkan
pendapat.
Dalam pelaksanaannya meliputi : kita mulai pada diri kita sendiri, saling
menjaga,menghindari konflik antar teman, berani membela hak dan kebenaran,
menciptakan susasana aman di sekolah./ lingkungan sekolah.
2. Kebersihan.
Bersih, adalah tempat atau lingkungan , bebas dari sampah, debu, sehingga
nampak sedap dipandang.
Kebersihan merupakan modal utama kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari
iman seseorang.
9
Kebersihan meliputi : bersih tempat tinggal, tempat belajar/ kelas, sekolah/
lingkungan sekolah, tempat ibadah, tempat bekerja.
Pelaksannannya meliputi : mulai dari dari diri kita, menciptakan kebersihan
dalam kelas, lingkungan kelas, halaman sekolah/ lingkungan sekolah,membuang
sampah pada tempatnya jika habis jajan, tidak mencoret-coret bangku/ meja,
dinding kelas/ sekolah dengan tip-ex, spidol.
3. Keimanan.
Iman, adalah kita percaya Allah
SWT ada.
Biasanya Iman dimanifestasikan
dalam ibadah.
Iman merupakan landasan penting
dalam belajar, dan bekerja.
Pelaksanannya adalah : merayakan hari keagamaan bersma di sekolah misalnya
korban, hari raya idul fitri, mendirikan pengajian rutin, mejelis taklim untuk
kajian agama di sekolah.
4. Kekeluargaan.
Kekeluargaan, adalah hubungan yang erat antar orang-orang dalam rumah, kelas,
sekolah/ OSIS, kantor/ tempat bekerja, dan masyarakat.
Kekeluargaan merupakan dasar dasar persatuan, modal utama dalam masyarakat/
lingkungan untuk ketentaraman, bahkan modal majunya sekolah.
Kekeluargaan bisa tercapai
manakala tidak ada rasa curiga, saling percaya, saling menghargai,kerja sama
dan rukun.
Pelaksanaannya adalah : kita harus saling menghargai, mengayomi, tidak mencari
selamat diri sendiri, menyenguk jika teman jika sakit, menolong sesama siswa.
5. Kerindangan.
Rindang atau sejuk, adalah lingkungan yang mempunyai sisrkulasi udara yang
baik, dengan adanya tanaman yang menyejukan, serta bebas dari polusi udara.
Pelaksanaanya adalah : menanami halaman / lingkungan sekolah dengan pepohonan
yang bermanfaat, taman depan kelas dengan berbagai tamanan bunga, rajin
menyiangi dan menyirami
10
6. Kerapihan.
Rapih, adalah suasana harmonis
dalam dalam diri kita,keluarga , sekolah, kantor, atau lingkungan sekitar.
Pelaksaannya, adalah : rapih dari cara kita berpakaian, memakai seragam sekolah
sesuai dengan aturan yang ditetapkan, menata ruang kelas dengan baik misalnya
jadwal piket, gambar pahawan, presiden dan wkill presiden dan lambing negara.
7. Keindahan.
Indah adalah suasana asri enak di pandang mata yang menyangkut lingkungan
sekolah kita,.
Keindahan bisa tercapai manakala keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan,
kerindangan dan kerapihan tercapai.
Pelaksaannya adalah : dengan menciptakan rasa aman, suasana bersih, iman,
kebersamaan, kerindangan, dan penataan yang apik.
Dengan terciptanya 7 K, kita akan merasa betah dan nyaman disekolah tempat kita
belajar dan bekerja.
11
B. PROGRAM
7K SMP
NEGERI 2 CIDAHU TAHUN
PELAJARAN 2015-2016
NO
|
PROGRAM
7K
|
TINDAK
LANJUT
|
TINDAKAN
PEMBINAAN
|
1
|
KEAMANAN
|
|
·
1 bulan
sekali razia bulanan
|
2
|
KEBERSIHAN
|
|
|
3
|
KEKELUARGAAN
|
|
|
4
|
KEINDAHAN
|
|
|
5
|
KETERTIBAN
|
|
|
6
|
KERAPIHAN
|
·
Setiap
masuk siswa diperiksa oleh guru
|
|
7
|
KERINDANGAN
·Setiap awal semester tahun
pelajaran pihak sekolah membeli pohon yang
dipandang perlu untuk kerindangan
|
·
Guru
dan siswa menanam pohon penghijauan di halaman, depan kelas sesuai kebutuhan.
|
C. TEKNIS LOMBA 7K ANTAR KELAS DI SMP NEGERI 2 CIDAHU TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
TEKNIS
* .Perlombaan dimulai pada awal bulan (Minggu pertama awal
bulan).
* Setiap siswa dalam satu kelas wajib menjaga kelas sesuai
kriteria 7 K yaitu, keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan,
kenyamanan dan kekeluargaan.
* . Setiap hari guru yang
masuk ke setiap kelas memberikan penilaian kriteria 7K dengan format yang telah
ditentukan sebelumnya (Lampiran 2).
* . Penilaian didasarkan atas rubrik-rubrik penilaian dengan
range nilai antara 1 – 4.
* . Hasil penilaian akan diakumulasikan diakhir bulan
(Minggu ke empat akhir bulan)
* Hasil akumulasi
penilaian akan diumumkan pada dialog senin pagi awal bulan berikutnya untuk
ditentukan pemenang Lomba 7K antar Kelas antar kelas tersbut
* . Kelas yang menang akan diberikan penghargaan berupa
sertifikan Lomba 7K antar kelas setiap edisinya.
* . Dengan adanya Lomba 7K antar kelas ini diharapkan dapat
memndisiplinkan siswa dalam menerapkan keamanan, kebersihan, ketertiban,
keindahan, kerindangan, kenyamanan dan kekeluargaan serta menciptakan lingkungan
berbasis 7K.
D. RUBRIK PENILAIAN LOMBA 7K ANTAR
KELAS SMP NEGERI 2
CIDAHU TAHUN PELAJARAN 2015/2016
NO URAIAN RUBRIK 1 = (1 dari 4) 2 = (2 dari 4) 3 = (3 dari
4) 4 = (4 dari 4)
1 Keamanan ü Aman dari pencurian di kelas ü Terjadi
pertikaian dan tindakan asusila siswa ü Kurangnya kedisiplinan kelas ü Tidak
ada kerjasama di kelas ü Aman dari pencurian di kelas ü
Aman dari pertikaian dan tindakan asusila siswa ü Kurangnya
kedisiplinan kelas ü Tidak ada kerjasama di kelas ü Aman dari pencurian di
kelas ü Aman dari pertikaian dan tindakan asusila siswa ü Menjaga kedisiplinan
kelas ü Tidak ada kerjasama di kelas ü Aman dari pencurian di kelas ü Aman dari
pertikaian dan tindakan asusila siswa Menjaga kedisiplinan kelas ü Menjaga
Kerjasama di kelas
2 Kebersihan · Melaksanakan piket kelas dengan baik ·
Sebelum memulai pelajaran papan masih kotor dan spidol beum terisi · Masih
ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci
bangku · Tidak membuang sampah di tempat sampah · Melaksanakan piket kelas
dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan harus bersih dan spidol telah
terisi · Masih ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di
kelas termasuk laci bangku · Tidak membuang sampah di tempat sampah ·
Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan harus
bersih dan spidol telah terisi · Tidak ditemukan sampah makanan atau sampah
dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Tidak membuang sampah di
tempat sampah · Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai
pelajaran papan harus bersih dan spidol telah terisi · Tidak ditemukan sampah
makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Membuang
sampah di tempat sampah
3 Ketertiban Ø Setiap siswa di kelas menggunakan seragam
yang benar dengan atribut yang lengkap Ø Terlambat Masuk ke dalam kelas saat
pelajaran telah berlangsung Ø Belum menitipkan kepada wali kelas di kantor
segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam ke-1 Ø Kelas gaduh, terdapat
siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata kotor Ø Setiap siswa di
kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut yang lengkap Ø Masuk ke
dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah berlangsung Ø Belum menitipkan
kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam
ke-1 Ø Kelas gaduh, terdapat siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata
kotor Ø Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut
yang lengkap Ø Masuk ke dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah
berlangsung Ø Menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik
yang dibawa
sebelum jam ke-1 Ø
Kelas gaduh, terdapat siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata kotor
Ø Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut yang
lengkap Ø Masuk ke dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah berlangsung Ø
Menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa
sebelum jam ke-1 Ø Menjaga kelas tetap kondusif
4 Keindahan ü Meja, kursi, sepatu, dan sandal
tertata rapi ü Susunan aksesoris yang berada di kelas tidak teratur dan
semrawut (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) ü
Tidak adanya penambahan vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di
dalam kelas. ü Kelas kotor ü Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi ü
Susunan aksesoris yang berada di kelas harus serasi dan rapi (tempelan nilai
hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) ü Tidak adanya penambahan vas
bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas. ü Kelas kotor ü
Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi ü Susunan aksesoris yang berada di
kelas harus serasi dan rapi (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta
karya, dll) ü Terdapat vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di
dalam kelas yang dirawat dengan baik ü Kelas kotor ü Meja, kursi, sepatu, dan
sandal tertata rapi ü Susunan aksesoris yang berada di kelas harus serasi dan
rapi (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) ü
Terdapat vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas yang
dirawat dengan baik ü Kelas bersih, rapi, dan harum
5 Kerindangan · Terdapat tanaman dalam pot yang terawat
dengan baik · Ruangan yang pengap dengan kelambu yang kotor · Hasil kerja siswa
diletakkan sembarangan · Tidak tertib piket kelas · Terdapat tanaman dalam pot
yang terawat dengan baik · Ruangan yang sejuk (pengharum ruangan) dengan
kelambu yang bersih · Hasil kerja siswa diletakkan sembarangan · Tidak tertib
piket kelas · Terdapat tanaman dalam pot yang terawat dengan baik · Ruangan
yang sejuk (pengharum ruangan) dengan kelambu yang bersih · Hasil kerja siswa
diletakkan dengan rapi · Tidak tertib piket kelas · Terdapat tanaman dalam pot
yang terawat dengan baik · Ruangan yang sejuk (pengharumruangan) dengan kelambu
yang bersih · Hasil kerja siswa diletakkan dengan rapi · Tertib piket kelas
16
6 Kenyamanan Ø Menjaga ketenangan di kelas Ø Tidak menjaga
ketertiban di kelas Ø Tidak berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak Ø
Tidak menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll) Ø
Menjaga ketenangan di kelas Ø Menjaga ketertiban di kelas Ø Tidak berbicara
dengan sopan dan tidak berteriak-teriak Ø Tidak menempatkan perabot kelas pada
tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll) Ø Menjaga ketenangan di kelas Ø
Menjaga ketertiban di kelas Ø Berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak
Ø Tidak menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll
Ø Menjaga ketenangan di kelas Ø Menjaga ketertiban di kelas Ø Berbicara dengan
sopan dan tidak berteriak-teriak Ø Menempatkan perabot kelas pada tempatnya
dengan baik (sapu,mukena, dll)
7 Kekeluargaan ü Membuat susunan struktur kelas dan
melaksanakannya dengan baik ü Tidak tepat waktu dalam membayar dansos ü Acuh
tak acuh terhadap teman dalam kebaikan di kelas ü Tidak ada teamwork/kelompok
belajar yang baik ü Membuat susunan struktur kelas dan melaksanakannya dengan
baik ü Ketepatan waktu dalam membayar dansos ü Acuh tak acuh terhadap teman
dalam kebaikan di kelas ü Tidak ada teamwork/kelompok belajar yang baik.
Mohon Maaf sebelumnya.. Tolong Edit dahulu sebelum di-share. Ternyata ada kata SMA PBM? Apa ada hubungan dengan SMA Prabumulih?
BalasHapusBagus sekali ijin copy utk referensi
BalasHapusBagus sekali ijin copy
BalasHapusBagus, sangat membntu
BalasHapusIJIN COP NGGIH...